Sama halnya dengan jerawat, komedo juga bisa jadi masalah pada wajah dan mengganggu penampilan. Namun perbedaannya adalah jerawat bisa membesar, dan komed hanya berupa bintik kecil atau benjolan kecil. Tempat sarang komedo pada wajah biasanya pada bagian hidung, dan dagu karena keduanya menghasilkan minyak paling banyak. Komedo sendiri ada dua jenis, komedo putih dan komedo hitam. Jika komedo hitam hanya berupa bintik hitam pada hidung. Namun, jika komedo putih biasanya akan lebih terlihat jelas dan juga bisa menimbulkan benjolan.

Cara Membersihkan Komedo Membandel Tertutup dan Bekas Komedo

Membersihkan komedo jauh lebih mudah dibandingkan membersihkan jerawat. Namun, jangan suka membersihkan komedo dengan menggunakan tangan, itu akan memberikan bekas pada wajah anda. Berikut ini cara membersihkan komedo dengan cepat dan alami baik komedo tertutu ataupun yang membandel dan hitam maupun jenis lainnya :
1. Menggunakan kopi
Kopi, selain enak untuk dijadikan minuman, ternyata banyak juga manfaat dari kopi. Salah satunya untuk menghilangkan komedo pada wajah. Banyak yang percaya bahwasanya kopi bisa menghilangkan komedo, entah itu komedo putih ataupun hitam.
Caranya cukup mudah, ambil 2 sendok makan kopi, kemudian beri sedikit air dan aduk sampai kental. Oleskan pada wajah yang dihinggapi banyak komedo, setelah itu pijat secara pelan. Jangan terlalu keras untuk memijatnya, karena bisa melukai wajah. Setelah 3 menit memijat, bilas dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan hal ini sebelum tidur untuk tips bagaimana cara membersihkan komedo ini .
2. Menggunakan alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang sering digunakan orang untuk minuman berupa jus. Tetapi tidak sedikit pula orang yang menggunakan alpukat untuk menghilangkan komedo.
Cara menghilangkan komedo dengan alpukat sangat mudah. Ambil alpukat yang matang, kemudian ambil dagingnya saja dan hancurkan. Gunakan layaknya masker pada wajah anda. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk kerja yang optimal, sebaiknya gunakan pada malam hari ketika akan tidur.
Membiarkan komedo tetap pada wajah anda, akan membuatnya semakin banyak. Setelah melakukan perawatan untuk menghilangkan komedo, sebaiknya jaga baik – baik kesehatan kulit wajah anda. Dan pilih salah satu cara membersihkan komedo yang sekiranya aman dan nyaman anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *