Khasiat Lidah Buaya untuk Jerawat

Khasiat Lidah Buaya Untuk Jerawat
Source: bing.com

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit. Khasiat lidah buaya untuk jerawat sudah lama dikenal dan banyak digunakan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Berbagai obat kulit dari lidah buaya telah beredar di pasaran dan banyak dipakai untuk mengobati masalah jerawat.

Lidah buaya tumbuh di daerah beriklim sedang dan panas. Tanaman ini bisa dijumpai di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, banyak orang di Indonesia yang memanfaatkan khasiat lidah buaya untuk jerawat. Tanaman ini memiliki rimpang yang berbentuk lebar dan memiliki banyak daun yang tumbuh dari batangnya.

Apa Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat?

Manfaat lidah buaya untuk jerawat terutama adalah berkat kandungan antiseptik dan antiinflamasi yang terdapat pada tanaman ini. Antiseptik adalah zat yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan bakteri, sedangkan antiinflamasi bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan lainnya yang terdapat pada lidah buaya adalah enzim bromelain, yang membantu mengurangi peradangan dan infeksi pada kulit.

Kandungan lain yang terdapat pada lidah buaya adalah vitamin C, A, dan E. Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, yang bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Vitamin A akan membantu meningkatkan regenerasi sel kulit, yang membantu menyembuhkan jerawat. Vitamin E juga berguna untuk membantu menyembuhkan luka pada kulit, termasuk luka akibat jerawat.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat

Untuk memanfaatkan khasiat lidah buaya untuk jerawat, Anda bisa menggunakannya dalam bentuk gel ataupun masker. Untuk menggunakan gel lidah buaya, Anda bisa mengoleskannya langsung pada kulit yang berjerawat. Biarkan gel tersebut meresap sempurna ke kulit sebelum dibilas dengan air bersih. Anda juga bisa menggunakan masker lidah buaya. Caranya dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan air dan aplikasikan pada wajah. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:  Mengenal Penyebab Jerawat di Dagu dan Leher

Selain itu Anda juga bisa menggunakan ekstrak lidah buaya dalam bentuk minuman. Caranya dengan mencampurkan ekstrak lidah buaya ke dalam air dan minum rutin. Ini bisa membantu mengatasi masalah jerawat dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh dan membersihkan sistem pencernaan dari racun.

Apa Saja Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Mengolah Lidah Buaya?

Untuk memanfaatkan khasiat lidah buaya untuk jerawat, Anda bisa menggunakan beberapa bahan yaitu:

  • Lidah buaya: Anda bisa mendapatkan lidah buaya di berbagai toko herbal atau bisa juga Anda dapatkan sendiri di toko tanaman.
  • Air: Air yang Anda gunakan juga harus bersih dan bebas kontaminasi.
  • Masker wajah: Anda bisa menggunakan berbagai jenis masker wajah untuk menggabungkan dengan lidah buaya.

Apa Saja Efek Sampingnya?

Selama ini, belum ada laporan tentang efek samping yang disebabkan oleh pemakaian lidah buaya untuk jerawat. Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati saat memutuskan untuk menggunakannya. Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap tanaman lidah buaya, sebelum Anda menggunakannya.

Kesimpulan

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang memiliki khasiat untuk mengobati masalah kulit. Khasiat lidah buaya untuk jerawat terutama berkat kandungan antiseptik dan antiinflamasi yang terdapat pada tanaman ini. Untuk memanfaatkan khasiatnya, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya, masker lidah buaya, atau ekstrak lidah buaya dalam bentuk minuman. Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati saat memutuskan untuk menggunakannya.

VideoKhasiat Lidah Buaya untuk Jerawat