Penyebab Jerawat di Sekitar Mulut

Penyebab Jerawat Di Sekitar Mulut
Source: bing.com

Jerawat di sekitar mulut merupakan masalah yang umum terjadi pada orang dewasa maupun remaja. Ini dapat menyebabkan kecemasan dan malu pada banyak orang. Berikut ini adalah beberapa penyebab jerawat di sekitar mulut.

Penggunaan Produk Kecantikan

Terlalu banyak menggunakan produk kecantikan seperti foundation, pelembap, atau krim wajah dapat menyebabkan terjadinya jerawat di sekitar mulut. Produk kecantikan yang berlebihan dapat menutup pori-pori wajah, sehingga membuat minyak dan kotoran menumpuk di sekitar mulut. Ini dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

Iritasi dari Bahan Makanan

Iritasi kulit disekitar mulut juga bisa disebabkan oleh bahan makanan tertentu. Makanan yang mengandung banyak garam, asam, atau bumbu dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Makanan pedas atau makanan berminyak juga dapat memperburuk jerawat di sekitar mulut.

Kurangnya Kebersihan

Kebersihan yang buruk juga dapat menyebabkan jerawat di sekitar mulut. Anda harus rutin membersihkan kulit wajah dan sekitar mulut dengan produk yang sesuai. Jangan lupa untuk mengganti pillow cover setiap minggu untuk mencegah bakteri yang berkembang.

Penggunaan Produk Kosmetik

Produk kosmetik seperti lipstik, lip gloss, atau lip balm dapat menyebabkan munculnya jerawat di sekitar mulut. Produk-produk ini dapat menutup pori-pori, sehingga membuat minyak dan kotoran menumpuk di sekitar mulut. Sebaiknya hindari menggunakan produk kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Kurangnya Asupan Air

Kurangnya asupan air secara rutin dapat menyebabkan jerawat di sekitar mulut. Jika Anda tidak minum cukup air, kulit Anda akan menjadi kering dan bisa menyebabkan munculnya jerawat. Sebaiknya minum 8-10 gelas air per hari untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

BACA JUGA:  Obat Tradisional untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Stres dan Kebiasaan Buruk

Stres dan kebiasaan buruk juga dapat menyebabkan jerawat di dekat mulut. Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol dapat memperburuk masalah jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari stres dan kebiasaan buruk untuk mencegah jerawat di sekitar mulut.

Keracunan Makanan

Keracunan makanan juga bisa menyebabkan jerawat di sekitar mulut. Makanan yang tak layak dimakan atau terserang kuman dapat memicu jerawat di sekitar mulut. Karena itu, sebaiknya selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih.

Kurangnya Nutrisi

Kurangnya nutrisi juga dapat menyebabkan jerawat di sekitar mulut. Makanan yang rendah nutrisi seperti junk food atau makanan cepat saji dapat memicu jerawat. Untuk mencegahnya, sebaiknya hindari makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi dan gantilah dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Hormon

Hormon juga dapat menyebabkan jerawat di sekitar mulut. Pada remaja, jerawat disekitar mulut sering disebabkan oleh perubahan hormon. Pada wanita dewasa, masalah jerawat ini dapat disebabkan oleh perubahan hormon saat menstruasi atau menopause.

Kesimpulan

Jerawat di sekitar mulut dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti penggunaan produk kecantikan, iritasi bahan makanan, kurangnya kebersihan, penggunaan produk kosmetik, kurangnya asupan air, stres, kebiasaan buruk, keracunan makanan, kurangnya nutrisi, dan hormon. Untuk mencegah jerawat di sekitar mulut, sebaiknya hindari stres, kebiasaan buruk, dan makanan yang tidak sehat, serta lakukan rutin perawatan kulit wajah dan sekitar mulut.

VideoPenyebab Jerawat di Sekitar Mulut