Kenali Penyebab Jerawat Pada Lengan

Kenali Penyebab Jerawat Pada Lengan
Source: bing.com

Jerawat pada lengan bukanlah suatu hal yang asing lagi. Hampir semua orang sudah pernah mengalaminya. Jerawat pada lengan mungkin terlihat lebih menyebalkan dibandingkan jerawat pada wajah. Ini disebabkan karena lengan memiliki lebih banyak kulit yang menempel dan menyebabkan jerawat menjadi lebih terlihat. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasinya, mari kenali dulu penyebab jerawat pada lengan.

Kebiasaan Higienis yang Buruk

Kebiasaan higienis yang buruk salah satu penyebab utama jerawat pada lengan. Kebiasaan yang buruk seperti jarang mandi, tidak mengganti pakaian yang terlalu sering dan tidak menggunakan sabun yang tepat mungkin bisa menyebabkan jerawat. Pori-pori kulit bisa tersumbat karena kotoran, sebum, dan sel kulit mati. Keadaan ini menyebabkan jerawat.

Kemasan Pakaian

Meskipun kita sudah berhati-hati dalam memilih pakaian, ada kemungkinan kemasan yang diberikan pada pakaian baru yang kita beli bisa menyebabkan jerawat pada lengan. Bahan kimia yang ditambahkan untuk membuat pakaian lebih tahan lama bisa menyebabkan iritasi dan inflamasi pada kulit. Oleh karena itu, sebelum menggunakan pakaian, lebih baik untuk mencuci pakaian tersebut terlebih dahulu.

Alergi pada Pakaian dan Kosmetik

Beberapa orang bisa mengalami alergi terhadap jenis pakaian tertentu. Seperti alergi terhadap sifat elastis yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang ada pada pakaian tersebut. Selain itu, alergi bisa juga disebabkan oleh kosmetik yang dipakai. Beberapa kosmetik bisa menyebabkan iritasi, ruam, dan juga jerawat pada lengan.

Penggunaan Bedak

Bedak yang sering digunakan untuk menutupi jerawat di wajah tidak seharusnya digunakan untuk lengan. Bedak yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti talc, silica, dan titanium dioxide dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Akibatnya, kulit malah jadi kering dan menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah dalam Satu Hari

Penggunaan Perhiasan

Perhiasan yang terbuat dari logam seperti emas dan perak bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Hal ini disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang digunakan untuk membuat perhiasan tersebut. Akibatnya, kulit teriritasi dan menyebabkan jerawat.

Kurang Nutrisi

Kurang nutrisi juga bisa menyebabkan jerawat pada lengan. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan garam, gula, dan lemak jenuh, maka kulit akan menjadi kering dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperbanyak asupan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

Stres

Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab utama jerawat pada lengan. Ketika seseorang sedang stres, hormon-hormon tertentu akan meningkat. Ini akan menyebabkan produksi sebum bertambah dan menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya, jerawat pun akan muncul.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab jerawat pada lengan. Agar kulit lengan tetap sehat dan bebas jerawat, selalulah jaga kebersihan diri, hindari penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, dan jangan lupa untuk konsumsi makanan yang sehat. Dengan begitu, jerawat pada lengan pun bisa dihindari.

VideoKenali Penyebab Jerawat Pada Lengan