Manfaat Daun Binahong untuk Bekas Jerawat

Manfaat Daun Binahong Untuk Bekas Jerawat
Source: bing.com

Ketika seseorang mengalami jerawat, bekasnya akan meninggalkan jejak yang cukup mengganggu. Bekas jerawat dapat menjadi sumber kecemasan dan ketidaknyamanan bagi banyak orang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan daun binahong. Daun binahong dikenal memiliki khasiat yang dapat membantu dalam menghilangkan bekas jerawat.

Apa Itu Daun Binahong?

Daun binahong atau Anredera cordifolia adalah tanaman berbunga yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau dan memiliki bentuk seperti hati. Daun binahong biasanya dipergunakan sebagai tanaman hias, namun dikenal juga sebagai tanaman obat.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Binahong

Daun binahong mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, dan magnesium. Daun ini juga mengandung asam galat dan polifenol yang mampu melawan radikal bebas yang merupakan penyebab utama kerusakan kulit. Selain itu, daun binahong juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu melawan keradangan.

Manfaat Daun Binahong untuk Bekas Jerawat

Komponen yang terdapat pada daun binahong dapat membantu mengatasi bekas jerawat. Senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam tanaman ini dapat membantu mengurangi bekas jerawat dengan cara mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Selain itu, senyawa antioksidan yang terdapat dalam tanaman ini juga dapat membantu mengurangi kerutan akibat bekas jerawat.

Cara Menggunakan Daun Binahong untuk Bekas Jerawat

Anda dapat menggunakan daun binahong untuk mengatasi bekas jerawat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat infus daun binahong. Buatlah air rebusan dari 6 hingga 8 lembar daun binahong. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan dan tambahkan sedikit madu. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci wajah anda secara teratur.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Lama: Langkah-langkah Penting

Cara Lain menggunakan Daun Binahong untuk Bekas Jerawat

Selain menggunakan air rebusan, anda juga dapat menggunakan daun binahong sebagai masker wajah. Hal ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Cara membuat masker dari daun binahong adalah dengan menghaluskan daun binahong. Tambahkan sedikit air dan madu. Aplikasikan campuran yang dihasilkan pada wajah anda dan biarkan hingga kering. Setelah itu, bilas wajah anda dengan air hangat.

Efek Samping Penggunaan Daun Binahong

Meskipun daun binahong aman untuk dikonsumsi maupun dioleskan pada kulit, tetapi ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Beberapa orang mungkin akan mengalami alergi atau iritasi kulit. Jika anda mengalami hal ini, segera berhenti menggunakan daun binahong dan konsultasikan dengan dokter.

Kesimpulan

Daun binahong dapat membantu dalam menghilangkan bekas jerawat. Daun binahong mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu dalam mengurangi kerutan akibat bekas jerawat. Anda dapat menggunakan daun binahong dengan cara membuat infus atau menggunakan masker wajah. Walaupun daun binahong aman digunakan, tetapi ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Jika anda mengalaminya, segera konsultasikan dengan dokter.

VideoManfaat Daun Binahong untuk Bekas Jerawat