Apa Efek Samping Belimbing Wuluh untuk Jerawat?

Apa Efek Samping Belimbing Wuluh Untuk Jerawat?
Source: bing.com

Belimbing wuluh, juga dikenal sebagai Averrhoa bilimbi, adalah tanaman yang umumnya ditemukan di Asia Tenggara. Buah belimbing wuluh dipakai dalam berbagai masakan dan obat tradisional. Bahkan, belimbing wuluh juga disebut-sebut sebagai obat alami untuk mengobati jerawat. Namun, apakah benar bahwa belimbing wuluh memiliki efek samping untuk jerawat?

Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa belimbing wuluh berpotensi mengobati jerawat. Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa belimbing wuluh berhasil mengurangi jumlah jerawat dan mengurangi kemerahan pada kulit. Namun, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak dari buah belimbing wuluh, bukan dengan menggunakan buahnya secara langsung. Oleh karena itu, hasilnya belum tentu sama ketika Anda menggunakan buah belimbing wuluh untuk mengobati jerawat.

Walaupun penelitian telah mengungkap bahwa belimbing wuluh berpotensi mengobati jerawat, Anda harus tetap berhati-hati. Karena belimbing wuluh bisa menyebabkan efek samping tertentu jika Anda berlebihan mengonsumsinya. Ini karena buah belimbing wuluh memiliki kandungan asam oxalat yang tinggi. Asam oxalat dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan muntah. Selain itu, buah belimbing wuluh juga mengandung banyak asam sitrat. Asam sitrat dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal.

Efek lain yang dapat ditimbulkan oleh belimbing wuluh adalah alergi. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang dapat mengalami alergi setelah mengonsumsi belimbing wuluh. Gejala alergi yang paling umum adalah gatal-gatal pada kulit, bersin-bersin, sakit kepala, dan pembengkakan. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini setelah mengonsumsi belimbing wuluh, maka Anda disarankan untuk segera mencari pertolongan medis.

Namun, sebagian besar orang yang menggunakan belimbing wuluh untuk mengobati jerawat tidak mengalami efek samping tertentu. Sebelum Anda menggunakan buah belimbing wuluh untuk mengobati jerawat, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan nasihat tentang cara yang aman untuk menggunakan buah belimbing wuluh, sehingga Anda dapat mencegah terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Cara Mengonsumsi Belimbing Wuluh dengan Aman

Untuk menghindari efek samping yang disebabkan oleh belimbing wuluh, ada baiknya untuk mengonsumsi buahnya dengan aman. Jangan mengonsumsi belimbing wuluh lebih dari 3 ons setiap hari. Jika Anda mengonsumsi belimbing wuluh untuk mengobati jerawat, Anda bisa mengoleskan jus buah belimbing wuluh pada wajah Anda. Jika Anda menggunakan ekstrak belimbing wuluh untuk mengobati jerawat, pastikan Anda menggunakan ekstrak yang diproduksi oleh perusahaan yang terpercaya.

BACA JUGA:  Bintik-Bintik di Wajah Seperti Jerawat

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah belimbing wuluh dengan porsi yang wajar. Sebaiknya, Anda tidak mengonsumsi buah belimbing wuluh lebih dari satu porsi setiap hari. Selain itu, Anda harus juga menghindari mengonsumsi buah belimbing wuluh jika Anda sedang hamil atau menyusui. Hal ini karena buah belimbing wuluh bisa memiliki efek samping terhadap bayi yang masih dalam kandungan.

Kesimpulan

Penelitian telah menunjukkan bahwa belimbing wuluh berpotensi mengobati jerawat. Namun, Anda harus berhati-hati ketika mengonsumsi buah belimbing wuluh. Belimbing wuluh dapat menyebabkan masalah pencernaan dan alergi jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Untuk mencegah efek samping ini, sebaiknya Anda mengonsumsi buah belimbing wuluh dengan porsi yang wajar dan menghindari mengonsumsinya jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Kesimpulan

Belimbing wuluh memiliki potensi untuk mengobati jerawat. Namun, Anda harus berhati-hati jika ingin mengonsumsinya karena buah ini bisa menyebabkan efek samping tertentu. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan belimbing wuluh untuk mengobati jerawat dan mengonsumsinya dengan porsi yang wajar untuk mencegah terjadinya efek samping.

VideoApa Efek Samping Belimbing Wuluh untuk Jerawat?