Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Secara Alami di Alodokter

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Di Punggung Secara Alami Di Alodokter
Source: bing.com

Jerawat di punggung adalah masalah kulit yang sangat umum. Biasanya mereka berada di punggung bagian atas atau bawah, tetapi dapat juga tersebar luas di seluruh punggung. Jerawat di punggung dapat menyebabkan perasaan tak nyaman, bahkan ada juga yang merasakan sakit ketika menyentuhnya.

Penyebab jerawat di punggung bisa bermacam-macam. Biasanya karena adanya produksi minyak berlebihan yang menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan bakteri. Produksi minyak berlebihan ini disebabkan oleh hormon, seperti androgen, yang meningkat pada masa pubertas. Akibatnya, kulit punggung menjadi berminyak, berlapis nanah, dan berjerawat serta membuat usaha mengatasinya menjadi lebih sulit.

Untuk mengatasi jerawat di punggung alami, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, hindari produk yang berminyak. Gunakan produk yang kaya akan bahan-bahan alami, seperti madu, aloe vera, dan eucalyptus untuk menenangkan kulit dan mengurangi iritasi. Kedua, pastikan Anda mencuci punggung setiap hari dengan sabun yang ringan. Bersihkan kulit dengan lembut, karena pembersih yang keras dapat meningkatkan produksi minyak.

Ketiga, berpakaian dengan baik. Pakailah pakaian katun yang nyaman dan jangan lupa untuk mengganti pakaian setelah berolahraga atau beraktivitas di luar. Jangan memilih bahan-bahan yang akan membuat Anda terlalu panas dan berkeringat. Keempat, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang berlemak tinggi dan bahan-bahan kimia dapat memicu jerawat di punggung.

Kelima, berhati-hati dengan produk perawatan kulit. Hindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben dan alkohol. Pastikan bahwa produk yang Anda gunakan memiliki label “hypoallergenic” dan “non-comedogenic” untuk menghindari iritasi. Keenam, pastikan untuk menjaga kebersihan alat makeup Anda. Bersihkan alat-alat ini secara teratur untuk mencegah kontaminasi dan pertumbuhan bakteri.

BACA JUGA:  Krim Jerawat Ampuh, Solusi Terbaik untuk Mengatasi Jerawat!

Ketujuh, jangan lupa untuk menggunakan sunblock. Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih untuk melindungi punggung dari sinar matahari. Sunblock juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebihan dan mengurangi risiko jerawat. Dan kedelapan, cobalah untuk beristirahat yang cukup dan banyak minum air putih. Beristirahat cukup dan menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa membantu Anda mengurangi risiko jerawat di punggung.

Cara Mengobati Jerawat di Punggung di Alodokter

Untuk mengobati jerawat di punggung yang berat, Anda bisa menggunakan beberapa cara di Alodokter. Pertama, gunakan produk perawatan kulit yang telah diresepkan oleh dokter. Produk ini bisa berupa obat-obatan yang mengandung bahan aktif, seperti benzoil peroksida, adapalen, dan isotretinoin. Kedua, lakukan prosedur medis seperti laser terapi dan fototerapi. Prosedur ini akan membantu mengurangi produksi minyak berlebihan dan membantu mengurangi jerawat di punggung.

Ketiga, cobalah alternatif lain seperti obat herbal. Cobalah untuk mengonsumsi obat herbal seperti teh hijau, kunyit, dan bawang putih untuk mengurangi jerawat di punggung. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba obat herbal. Terakhir, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Kesimpulan

Jerawat di punggung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa tips alami seperti menjaga kebersihan kulit, berpakaian dengan baik, dan menghindari produk berminyak. Jika jerawat masih belum hilang, Anda bisa mencoba produk perawatan kulit yang diresepkan dokter, prosedur medis, dan obat herbal. Namun, sebelum mencoba metode apapun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui metode mana yang paling tepat untuk Anda.

BACA JUGA:  Detox Jerawat Berapa Lama?

VideoPenyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Secara Alami di Alodokter